Strategi pemasaran konten melalui social media dapat menggunakan social media marketing untuk meningkatkan customer engagement. Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya memiliki akun Instagram khusus sebagai sarana untuk membagikan informasi kepada pengikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh social media marketing terhadap customer engagement pada akun Instagram @komunikasi_uaj. Teori utama yang digunakan yaitu social media marketing dan customer engagement. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan perolehan data melalui survei daring kepada 71 responden yang merupakan pengikut akun. Temuan dalam penelitian ini adalah social media marketing akun Instagram @komunikasi_uaj memiliki pengaruh terhadap customer engagement sebesar 0.983 yang artinya hubungan korelasi kuat dan signifikan. Kemudian hasil ini diperdalam dengan tiga interpretasi berikut: Pertama, social media berperan sebagai sarana penyampaian informasi institusi yang dapat dipercaya, kedua, konten social media yang informatif dapat mendorong tumbuhnya rasa memiliki institusi di kalangan pengikut, ketiga, pentingnya social media marketing untuk mendorong keterlibatan pengikut, bukan hanya menyampaikan informasi. |