Perkembangan zaman menuntut setiap individu untuk selalu dapat beradaptasi, salah satunya social media yang kini memiliki peran penting sebagai alat komunikasi dalam penggunaan penyampaian informasi dan pengetahuan. Peran social media dapat membantu perusahaan untuk semakin berkembang dan diketahui oleh masyarakat luas, dengan menerapkan strategi social media marketing. Strategi tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku investasi masyarakat, terutama di kalangan Gen Z pada PT. Bibit Tumbuh Bersama atau yang lebih dikenal Bibit. PT. Bibit Tumbuh Bersama merupakan salah satu perusahaan financial technology yang aktif dalam berbagai platform media social salah satunya Instagram untuk memasarkan aplikasi investasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari strategi social media marketing yang telah dilakukan terhadap keputusan pembelian pasar modal di PT. Bibit Tumbuh Bersama pada Gen Z. Teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, social media marketing, dan keputusan pembelian. Variabel independen pada penelitian ini adalah social media marketing yang terdiri dari empat dimensi yaitu, content creation, content sharing, connecting, dan community building, sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah keputusan pembelian yang terdiri dari lima dimensi yaitu, attention, interest, search, action, dan share. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, yang melibatkan responden dari pengguna aplikasi Bibit. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online kepada 100 responden dan dianalisis menggunakan uji korelasi dan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini, terdapat pengaruh antara social media marketing terhadap keputusan pembelian konsumen Bibit. |