Setiap karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan perlu melakukan komunikasi yang efektif dengan internal maupun eksternal perusahaan. Komunikasi yang efektif dapat membantu seseorang dalam memahami sebuah pesan. Dengan diterapkan komunikasi efektif, maka output yang dihasilkan akan maksimal, tujuan perusahaan akan tercapai, citra perusahaan yang baik akan terbentuk, serta dapat menguntungkan berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh divisi Influencer Implementation dengan Key Opinion Leader (KOL) dalam menjaga citra perusahaan AnyMind Group. Teori yang digunakan yaitu, pertama, efektivitas komunikasi organisasi yang mempunyai empat faktor pendukung yaitu kesesuaian pesan, adanya feedback langsung, evaluasi pesan, dan media pengantar. Kedua, citra perusahaan yang mempunyai empat elemen pendukung yaitu personality, reputation, value, dan corporate identity. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melakukan wawancara kepada divisi Influencer Implementation. Terdapat dua temuan dari hasil penelitian ini, yaitu, pertama, divisi pada perusahaan telah melakukan komunikasi secara efektif melalui peran KOL di era digital. Kedua, setelah divisi melakukan komunikasi yang efektif dan strategis, maka terbentuklah citra perusahaan terhadap publik terkhusus KOL, yaitu dengan perusahaan yang memiliki karakteristik bermoral dan bertanggung jawab, mampu menjalin komunikasi secara terbuka, transparan serta membangun hubungan yang positif dengan KOL, mengadakan webinar dan workshop bersama KOL untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan membangun hubungan yang lebih erat, serta memanfaatkan MOU (Memoranfum of Understanding) dan SPK (Surat Perjanjian Kerjasama) dalam menjalankan campaign. |