Anda belum login :: 04 Jun 2025 14:06 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Gamification Dengan Shopping Enjoyment dan Customer Engagement Dewasa Muda Pengguna Shopee
Bibliografi
Author:
Shanty, Ni Putu Nova Virginia
;
Rocky
(Advisor)
Topik:
Gamification
;
Shopping Enjoyment
;
Customer Engagement
;
Marketplace
;
Dewasa Muda
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
202007000134_Ni Putu Nova Virginia Shanty_LembarAdministrasi.pdf
(992.01KB;
0 download
)
202007000134, Ni Putu Nova Virginia Shanty, Rocky, Hubungan Gamification Dengan Shopping Enjoyment dan Customer Engagement Dewasa Muda Pengguna Shopee, 7Agustus2024.pdf
(1.25MB;
4 download
)
Abstract
Perkembangan internet yang semakin baik dan mudah diakses menyebabkan munculnya sistem berbelanja secara online melalui marketplace. Pada kuartal satu tahun 2023, didapatkan data bahwa Indonesia merupakan negara dengan pengguna marketplace tertinggi di dunia, dengan Shopee sebagai marketplace dengan pengunjung terbanyak. Hal tersebut menyebabkan persaingan antar marketplace semakin ketat. Maka, marketplace dapat mengatasinya dengan membuat pelanggan memiliki shopping enjoyment dan customer engagement yang baik dengan marketplace tersebut. Shopping enjoyment dan customer engagement dapat ditingkatkan dengan menerapkan gamification. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti ingin melihat apakah terdapat hubungan gamification dengan shopping enjoyment dan customer engagement dewasa muda pengguna Shopee di daerah Jabodetabek.
Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 171 partisipan dengan karakteristik pengguna marketplace Shopee, pernah memainkan Shopee Cocoki, dewasa muda, dan tinggal di Jabodetabek. Peneliti menggunakan metode non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Peneliti menggunakan alat ukur Gamification Scale, Shopping Enjoyment Scale, dan Customer Engagement Scale. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan Spearman Correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gamification memiliki korelasi positif dan signifikan terhadap shopping enjoyment dan customer engagement. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan gamification dalam marketplace dapat meningkatkan shopping enjoyment dan customer engagement pengguna. Bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian selanjutnya, dapat menggunakan metode Mediation Analysis dan Regression. Lalu, menyebarkan kuesioner kepada partisipan di luar Jabodetabek.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)