Anda belum login :: 23 Jul 2025 15:40 WIB
Detail
BukuFAKTOR-FAKTOR PENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE LOKAL PADA PEREMPUAN DEWASA AWAL: DITINJAU DARI PERCEIVED QUALITY, PERSEPSI HARGA, DAN PERSEPSI COUNTRY OF ORIGIN
Bibliografi
Author: Florencia, Jesica Rouli ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: Keputusan pembelian; skincare lokal; perceived quality; persepsi harga; persepsi country of origin
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Munculnya tren skincare lokal dewasa ini ternyata mendapatkan dukungan yang sangat positif dari masyarakat, khususnya perempuan dewasa awal. Uniknya, produk skincare lokal yang digemari adalah produk skincare yang menyerupai skincare Korea dari segi bahan, manfaat, hingga endorser-nya. Dalam perspektif perilaku konsumen, terdapat aspek menarik yang patut untuk dieksplorasi terkait dengan pertimbangan konsumen dalam menggunakan produk skincare lokal yang menyerupai produk skincare Korea. Pertimbangan tersebut akan dieksplorasi secara kualitatif melalui penelitian ini, khususnya dari sisi persepsi kualitas, persepsi harga, dan persepsi country of origin.

Desain yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah deskriptif eksploratif. Penelitian ini melibatkan tiga partisipan perempuan dewasa awal yang menggunakan produk skincare lokal serupa dengan produk skincare Korea. Data penelitian dikumpulkan dengan metode wawancara luring dan daring yang kemudian diolah menggunakan analisis tematik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menjadi pendorong perempuan dewasa awal dalam menentukan keputusan pembelian skincare lokal adalah harganya yang terjangkau, kualitasnya yang serupa dengan produk skincare Korea dengan konsentrasi bahan, jenis, dan tekstur skincare yang sudah disesuaikan dengan jenis kulit masyarakat Indonesia. Hasil temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi produsen skincare lokal dalam meningkatkan kualitas produk mereka terkait keunggulan lokal dalam hal kesesuaian iklim dan jenis kulit yang dipandang positif dari perspektif country of origin. Dengan mempertimbangkan ciri khas lokal yang unik, produsen dapat mengembangkan produk skincare lokal dengan keunggulan khas dan mengakomodasi preferensi konsumen di Indonesia dan tidak semata-mata meniru produk skincare Korea yang sudah dipersepsi unggul sebelumnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)