Film adalah salah satu bentuk produk yang perlu dipasarkan dalam industri perfilman. Salah satu upaya komunikasi pemasaran terhadap produk film adalah dengan menggunakan aktivitas social media marketing. Visinema Pictures merupakan salah satu rumah produksi film yang berdiri sejak tahun 2008 dan telah memproduksi berbagai film, tv program, music video dan berbagai bentuk audio visual lainnya. Pada tahun 2022 Visinema Pictures memproduksi film Mencuri Raden Saleh yang membuat konsumen tertarik untuk menonton dan film ini ditonton lebih dari 2.345.678 orang. Fenomena ini dapat terjadi salah satunya karena pemanfaatan social media marketing dalam mempromosikan film tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui aktivitas social media marketing yang dilakukan film Mencuri Raden Saleh dalam membangun minat menonton. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pemasaran, IMC, Social Media Marketing, dan Minat Beli. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing film Mencuri Raden Saleh berhasil membangun minat menonton. Hal ini disebabkan karena social media marketing yang dilakukan film Mencuri Raden Saleh memenuhi kriteria konsep yang efektif dengan memenuhi unsur keberhasilan social media marketing yaitu content creation, content ssharing, connecting dan community building. |