Duitin merupakan sebuah pengembang layanan aplikasi digital yang memfasilitasi daur ulang, memungkinkan masyarakat untuk meminta pengambilan sampah di rumahnya serta mendapatkan reward. Brand Duitin terbentuk sejak tahun 2019 dan berdiri dibawah naungan PT Tjatra Yasa Indonesia. Di awal bulan Juli 2021, Google for Startup Accelerator mengumumkan 8 lulusan program akselerator pertama di Indonesia salah satunya adalah Duitin. Duitin memiliki tujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat mulai aktif memilah, mengumpulkan serta mengolah sampah dengan baik sehingga bisa mendapatkan kehidupan kedua melalui proses daur ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aktivitas social media marketing melalui aplikasi Instagram dalam membangun brand awareness startup Duitin. Teori dasar yang digunakan sebagai acuan adalah Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Sosial, Integrated Marketing Communication, Digital Marketing, Media Baru, Media Sosial, Instagram, dan Brand Awareness. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif dengan perolehan data menggunakan wawancara mendalam, observasi aktivitas media sosial Instagram Duitin dan studi dokumen. Peneliti melakukan wawancara dengan Chief Executive Officer Duitin dan tiga kontributor pengguna layanan jasa Duitin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemasaran media sosial melalui Instagram Duitin masih terus dikembangkan dalam membentuk brand awareness yang efektif. Brand awareness Duitin justru hadir melalui word of mouth berupa publikasi konten yang dibuat oleh kontributor di Instagram-nya (user generated content) yaitu berupa konten testimonial atau promosi di Instagram story dan posisi brand awareness yang terbentuk saat ini di benak kontributor adalah top of mind. |