Media sosial berkembang dengan pesat. Kini media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media promosi, branding, serta melakukan periklanan. Pemasaran melalui media sosial memberikan kemudahan kepada merek untuk memasarkan produk dengan biaya yang cukup rendah, namun menjangkau pasar yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari social media marketing melalui TikTok terhadap brand equity Tokopedia pada konten #WaktuIndonesiaBelanja. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Pemasaran, IMC, Digital Marketing, Social Media Marketing, dan Brand Equity. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah social media marketing yang dilihat melalui dimensi entertainment, interaction, trendiness, customization, dan word of mouth. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah brand equity yang dilihat melalui dimensi brand awareness, brand loyalty, brand association, dan perceived quality. Metode penelitian yang digunakan adalah riset kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner online kepada 96 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan positif antara kegiatan social media marketing melalui TikTok terhadap brand equity Tokopedia. |