Perkembangan inovasi dalam dunia otomotif merupakan salah satu perkembangan yang pesat di jaman modern yang serba cepat. Perkembangan dalam dunia otomotif salah satunya dengan keberadaan mobil listrik. Mobil listrik bukan hanya jawaban atas tantangan terhadap perkembangan teknologi, melainkan keberadaan dari mobil listrik merupakan bagian dari revolusi industri.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi minat beli konsumen terhadap mobil listrik. Penulis menggunakan metode kualitatif, dimana penulis menggunakan teknik wawancara semi terstruktur kepada enam orang konsumen yang menggunakan mobil Hybrid di Jakarta.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor minat beli konsumen terhadap mobil listrik didasari oleh kesadaran konsumen terhadap keunggulan dari mobil listrik serta pemahaman konsumen bahwa mobil listrik mempunyai manfaat yang positif terhadap lingkungan sehingga mereka sangat tertarik untuk menggunakan mobil listrik di masa mendatang. Dalam hal ini, manfaat positif yang diketahui konsumen merupakan manfaat secara lingkungan dan juga efisiensi dalam penggunaan energi. Adapun, keinginan konsumen terhadap mobil listrik juga harus disertai dukungan pemerintah sehingga harga dari mobil listrik menjadi lebih terjangkau. |