Anda belum login :: 02 Jun 2025 20:59 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Secara Online Terhadap Kaum Milenial Pada PT. XYZ
Bibliografi
Author:
Sijabat, Rosdiana
(Advisor);
Putri, Melvin Dian
Topik:
Online Customer Review dan Rating
;
Perceived Usefulness
;
Perceived Ease of Use
;
Keputusan Pembelian
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Melvin's Undergraduate thesis.pdf
(5.84MB;
134 download
)
Abstract
Meningkatnya jumlah pengguna internet berdampak pada berkembangnya jumlah transaksi e-Commerce. E-Commerce dinilai jauh lebih unggul dibandingkan dengan transaksi konvensional dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup, termasuk di Indonesia. Umumnya, sebelum melakukan online shopping, konsumen terlebih dahulu membaca review dan rating untuk mencari informasi terkait produk dan jasa yang akan di beli secara online. Selain review dan rating, persepi pengguna terhadap kebermanfaatan (perceived usefulness) dan persepsi terhadap kemudahan (perceived ease of use) juga menjadi faktor yang memengaruhi konsumen dalam menggunakan situs web untuk berbelanja online. Produk kosmetik menjadi salah satu produk yang cukup diminati wanita, termasuk kaum milenial. PT. XYZ merupakan beauty commerce pertama di Indonesia dengan konsep perdagangan elektronik yang dikhususkan menjual produk kecantikan dengan bekerja sama langsung dengan pihak distributor atau pemilik brand dan juga pihak pemerintah seperti BPOM sehingga keaslian dari produk kosmetik yang ditawarkan bisa dijamin. Kaum milenial adalah salah satu kelompok konsumen yang penting bagi PT. XYZ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah online customer review dan rating, perceived usefulness, dan perceived ease of use memengaruhi keputusan pembelian kaum milenial secara online dalam melakukan transaksi di situs PT. XYZ. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods atau gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Pada pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui asosiasi dari beberapa variabel independen dengan sebuah variabel dependen. Pendekatan kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam (in-depth interview) yang digunakan untuk memperkuat hasil data kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling ¬dengan teknik purposive sampling. Sampel yang dituju dalam penelitian ini adalah kaum milenial yang berusia antara 22-37 tahun di tahun 2018 yang pernah melakukan transaksi di situs e-Commerce PT. XYZ. Kuesioner diisi oleh 110 responden, kemudian dipilih tiga responden untuk wawancara mendalam (in-depth interview). Peneliti juga menggunakan teknik triangulasi sumber untuk menggali lebih lanjut pendapat dari narasumber terkait online customer review dan rating (OCRR), perceived usefulness (PU), dan perceived ease of use (PEOU) yang dirasakan ketika melakukan pembelian di situs PT. XYZ. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dari masing-masing variabel independen yaitu online customer review dan rating (OCRR), perceived usefulness (PU), dan perceived ease of use (PEOU) terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Dengan demikian, hipotesis penelitian didukung oleh hasil analisis regresi ini. Hasil wawancara mendalam juga menunjukkan bahwa konsumen merasa situs e-Commerce PT. XYZ memberikan pengaruh yang bermanfaat terhadap pengetahuan mereka di bidang kosmetik yang terbukti dari beberapa pernyataan narasumber yang menyatakan pandangan dan penilaian yang baik terhadap situs e-Commerce PT. XYZ.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)