Alasan dilakukannya audit manajemen atas fungsi customer service pada PT Telekomunikasi Selular Tbk adalah untuk menilai apakah pelaksanaan fungsi customer service PT Telekomunikasi Selular sudah efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada pelanggan dan juga kepada pejabat customer service dari PT Telekomunikasi Selular. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi customer service PT Telekomunikasi Selular sudah efektif dan efisien. PT Telekomunikasi Selular sudah memiliki tujuan dan sasaran untuk fungsi customer service dan juga telah memiliki perencanaan, organisasi, dan pengendalian yang memadai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diidentifikasi beberapa masalah dan diberikan saran yang dapat digunakan sebagai masukan dalam memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terjadi, (1) peningkatan kemampuan personil customer service dalam memberikan solusi permasalahan kepada pelanggan, (2) peningkatan kesigapan personil customer service dalam memberikan alternatif produk kepada pelanggan, (3) peningkatan profesionalisme personil customer service dalam mencapai pelayanan yang memuaskan terhadap pelanggan, (4) peningkatan sikap profesionalisme para personil customer service agar tidak terjadi kesalahan dalam pelayanan, (5) peningkatan fungsi customer service dalam menanggapi keluhan pelanggan dengan cepat yang disertai dengan umpan balik yang memuaskan. (6) peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan cepat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama. (7) peningkatan standar performansi fungsi customer service yang dimilikinya, seperti standar pelayanan yang cepat, ketepatan pelayanan, serta pelayanan yang ramah. |