Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat ekuitas merek Clas Mild. Variabel – variabel yang akan diukur dalam penelitian ini adalah kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas merek (brand perceived quality), loyalitas merek (brand loyalty), dan profil demografi responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 mahasiswa Unika Atma Jaya yang menggunakan rokok mild. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 14, seperti menu frekuensi, rata – rata, standar deviasi, Cohran, korelasi Pearson, Cronbach Alpha. Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa ekuitas merek rokok Clas Mild lemah yaitu 22% dari responden yang menyebut Clas Mild sebagai Top of Mind. Hanya 3 variabel dari 8 variabel yang membentuk brand image dari Clas Mild. Kinerja dari produk khususnya variabel rasa, mutu, aroma, kemasan kurang sesuai dengan harapan konsumen. Hal tersebut mempengaruhi kesukaan dan komitmen konsumen dalam melakukan pembelian ulang serta loyalitas konsumen terhadap rokok Clas Mild. |