Setiap perusahaan menghadapi adanya perubahan-perubahan pasar didalam lingkungan pemasarannya, seperti perubahan teknologi, perubahan selera konsumen, meningkatnya persaingan, dan sebagainya. Perusahaan harus memiliki kemampuan untuk menqenal dan menyesuaikan diri terhadap setiap perubahan yang terjadi supaya dapat menghasilkan produk sesuai dengan tiap perubahan yang terjadi sehingga dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta keinginan pasar sasaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui usaha yang dilakukan P.T. Tjipanengah dalam mengantisipasi dan mengadaptasikan perubahan-perubahan pasar yang terjadi dalam lingkungan pemasarannya. metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Dalam usaha mengantisipasi dan mengadaptasikan perubahan-perubahan pasar yang terjadi P.T. Tjipanengah melaksanakan pengembangan produk dengan dua macam sasaran produk baru sesuai tiap perubahan pasar terjadi didalam lingkungan pemasaranya. Kegiatan pengembangan produk yang dilakukan PT. Tjipanengah mempunyai peranan yang sangat besar bagi pertumbuhan penjualannya. Setelah dilaksanakan pengembangan produk, nilai penjualan perusahaan langsung meningkat dan terus meningkat ditahun-tahun selanjutnya. PT. Tjipanengah hendaknya lebih tanggap terhadap keadaan lingkungan pemasarannya, terutama yang menyangkut faktor pesaing, baik pesaing dalam negeri maupun pesaing luar negeri. Dalam hal ini sebaiknya perusahaan membentuk Tim khusus yang ditugaskan untuk melakukan Analisis dan Diagnosis terhadap lingkungan bisnisnya. |