Untuk mengurangi resiko kegagalan dan kerugian di dalam pengembangan produk baru, suatu perusahaan harus melakukan kegiatan riset pemasaran agar dapat menghasilkan produk-produk baru yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan selera konsumen. Selain itu juga agar perusahaan dapat menyusun suatu strategi pemasaran paling tepat yang harus dijalankan dalam memasarkan produk baru tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan kegiatan riset pemasaran mengenai pengembangan produk baru terhadap kesuksesan penjualan produk-produk baru yang dihasilkan oleh PT. Unita Branindo dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas penerapan kegiatan riset pemasaran mengenai pengembangan produk baru yang dilaksanakan oleh PT. Unita Branindo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan metode regresi dan korelasi untuk melihat apakah ada hubungan antara kegiatan riset pemasaran yang dilakukan dengan tercapainya tujuan perusahaan. Disamping itu penulis menggunakan teknik analisis deskriptif untuk memberikan gambaran yang jelas dan utuh tentang apa yang dijumpai di dalam perusahaan. Dari perbandingan volume penjualan dalam rupiah dan banyaknya produk baru yang di dalam pengembangannya melalui riset pemasaran lebih dahulu akan tampak adanya peningkatan volume penjualan. Jadi kegiatan-riset pemasaran mengenai pengembangan produk baru memberi kontribusi di dalam pengembangan produk baru. Dari kegiatan riset pemasaran mengenai pengembangan produk baru yang dilakukan itu dapat juga disusun suatu strategi pemasaran paling tepat agar produk baru tersebut dapat sukses di pasaran dan tujuan perusahaan untuk memperoleh laba dapat tercapai. |