Strategi pemasaran sangat berperan dalam menentukan berhasil tidaknya suatu perusahaan. Dalam kegiatan pemasaran yang penting adalah menetapkan suatu bauran pemasaran secara tepat, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi, dengan kebijaksanaan yang disesuaikan dengan situasi di mana kegiatan dilaksanakan. Untuk dapat menjangkau masyarakat luas di seluruh Indonesia, suatu produk membutuhkan sarana yaitu saluran distribusi. Saluran distribusi adalah sarana penunjang penting yang membantu keberhasilan perusahaan untuk meningkatkan pemasaran suatu produk. Dalam memasarkan produknya, PT ASABA menggunakan saluran distribusi langsung maupun tidak langsung. Saluran distribusi tidak langsung adalah saluran distribusi yang dipergunakan untuk mendistribusikan produk perusahaan dengan melaiui sub distributor, pedagang besar, pedagang eceran sebelum sampai ke pemakai akhir (end user). Suatu penelitian dilakukan untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara langsung dengan manajer pemasaran dan pedagang perantara. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisa dengan menggunakan metode statistik yaitu, analisa korelasi, analisa regresi dan pengujian hipotesis dengan koefisien regresi. Hasil Analisa memperlihatkan adanya hubungan yang kuat antara biaya distribusi yang dikeluarkan perusahaan dengan peningkatan volume penjualan produknya. Pengaruh dikatakan kuat antara biaya distribusi dan hasil penjualan karena apabila biaya distribusi dinaikkan maka tingkat penjualan akan meningkat dan sebaliknya. Penyelesian yang disarankan penulis: Persepsi tentang perusahaan yang sudah baik dimata pedagang perantara sebaiknya tetap dipertahankan oleh perusahaan (PT ASABA). Perusahaan perlu meningkatkan penjualan produk dengan cara a. Tetap menjaga kualitas produknya b. Meningkatkan kegiatan promosi. c. Memperluas penyaluraan produk dan memperbanyak jumlah pedagang perantara serta melakukan pelayanan yang baik. |