Bagaimana cara pemasaran yang dilaksanakan oteh PT Cahaya Sakti Multi Intraco, apakah PT Cahaya Sakti Multi intraco hanya berperan sebagai produsen yang melaksanakan kegiatan produksi atau juga menyelenggarakan fungsi-fungsi pemasaran secara utuh. Bagaimana kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh PT Cahaya Sakti Multi Intraco sehingga tercapainya tujuan pemasaran? Dari hasil penelitian maka diperoleh informasi bahwa PT Cahaya Sakti Multi Intraco berperan sebagai produsen dan juga sebagai penyalur yang melakukan kegiatan promosi, kegiatan pergudangan. Dan fungsi pemasaran, yaitu kegiatan penjualan diserahkan kepada penyalur. Dari hasil penelitian, tujuan pemasaran adalah merebut pangsa pasar di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Tanggerang dan berusaha memenangkan persaingan. Dalam menyelenggarakan pemasaran PT Cahaya Sakti Multi Intraco mengangkat agen sebagai perwakilannya di berbagai daerah. Agen inilah yang berfungsi menyelenggarakan penyaluran, promosi, dan melayani permintaan dari para penyalur. Dalam pengangkatan agen sebagai perwakilan maka PT Cahaya Sakti Multi Intraco melaksanakan fungsi produksi, fungsi penyaluran, fungsi promosi, dan fungsi pembinaan para penyalur di bawah agen. Pembinaan terhadap penyalur tersebut bentuknya adalah penentuan persyaratan dan mensyaratkan pada para penyalur supaya mengutamakan penjualan produk dari PT Cahaya Sakti Multi Intraco dibandingkan dengan produk lain yang sejenis yang dijual oleh para penyalur. Hasilnya dengan penyelenggaraan kegiatan penyaluran yang demikian maka PT Cahaya Sakti Multi Intraco berhasil menguasai pangsa pasar secara wilayah, dan berhasil melakukan perlawanan terhadap pesaing dan hasil pemasarannya ditandai dengan peningkatan penjualan yang semakin meningkat dari tahun 1990-1991. Dalam skripsi ini penulis menggunakan wawancara, observasi dan penelitian kepustakaan sebagai alat untuk pengumpulan data teknik analisa data yang dipergunakan oleh penulis dalam skripsi ini adalah dengan analisa kualitatif dan analisa kuantitatif. |