Strategi positioning merupakan salah satu unsure bauran pemasaran yang memegang peranan penting disamping unsur-unsur bauran pemasaran lainnya, karena setiap produk yang akan dipasarkan tidak mungkin dikenal oleh masyarakat apabila tidak ada usaha untuk memperkenalkannya. Dalam penulisan skripsi ini, penulis bertujuan untuk melihat sampai sejauh mana aplikasi salah satu aspek teori manajemen pemasaran secara praktis dalam suatu perusahaan. Secara umum materi penulisan skripsi ini mendasarkan pada manajemen pemasaran dan dengan konsentrasi pembahasan pada variabel strategi positioning, yaitu strategi yang digunakan oleh produsen dalam menempatkan produk yang dihasilkannya dibenak konsumen maka produk tersebut akan mengalami kenaikan permintaan yang secara tidak langsung menyebabkan perusahaan dapat bertahan di pasar. Penelitian skripsi ini ditunjang dengan penelitian pada PT. Semesta Rasa Food, karena suatu perusahaan yang bergerak khusus pada bidang makanan ringan yang berbentuk kembang gula dengan merek Golden Valley. Suatu penelitian dilakukan untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara langsung dengan manajer pemasaran, manajer keuangan dan manajer pabrik. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisa dengan menggunakan metode statistik, yaitu analisa rata-rata dan trend dengan metode semi average. Hasil analisa memperlihatkan adanya hubungan yang kuat antara strategi positioning yang dilakukan perusahaan dengan peningkatan penjualan bersih, pangsa pasar dan laba bersih. Pengaruh dikatakan kuat karena apabila semakin efektifnya strategi positioning maka penjualan bersih, pangsa pasar, dan laba bersih akan meningkat dan sebaliknya. Penyelesaian yang disarankan oleh penulis: a. Persepsi tentang perusahaan yang sudah baik di mata konsumen sebaiknya tetap dipertahankan oleh perusahaan PT. Semesta Rasa Food. b. Perusahaan perlu meningkatkan penjualan produk dengan cara strategi positioning produk, strategi distribusi produk, dan strategi promosi produk. |