Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:37 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Implementasi Strategi Multibrand dalam Tanggapan Konsumen Pemasaran
Bibliografi
Author:
Putri, Hedi Agfiria Carlusia
;
Hardjana, Andre
(Advisor)
Topik:
MARKETING MANAGEMENT
;
Strategi Muttibrand
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
1997
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Hedi Agfiria Carlusia Putri's Undergraduated Theses.pdf
(6.71MB;
1 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-699
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Persaingan yang semakin ketat dalam dunia pemasaran menuntut agar pihak produsen dapat memilih suatu strategi yang dapat menjaga kelangsungan hidup produknya. Salah satu strategi yang dipilih adalah Strategi Multibrand. Dalam melaksanakan strategi ini produsen bertujuan untuk menangkap konsumen yang berpindah merek agar tetap jatuh ke tangan perusahaan yang sama dan sekaligus menjaring konsumen baru. Bagi produsen strategi ini memiliki tujuan yang jelas. Tetapi apa yang terjadi di kalangan konsumen belum tentu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh produsen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan secara nyata dari implementasi Strategi Multibrand dalam pemasaran. Ada berbagai jenis produk yang menerapkan strategi ini. Jenis produk yang dipilih dalam penelitian ini adalah sabun mandi, kanena saat ini sangat mudah ditemukan berbagai macam sabun mandi yang terdiri dari berbagai merek. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa sebagian besar konsumen senang berganti/berpindah merek sabun mandi dan hanya sebagian kecil saja yang mau bertahan pada satu merek. Konsumen baik yang berpindah merek maupun yang tetap bertahan pada satu merek dalam memilih merek sabun mandi didasari oleh alasan yang tidak jauh berbeda. Dalam memilih merek, konsumen tidak mempersoalkan perusahaan yang menghasilkan merek tersebut meskipun pada kenyataannya beberapa merek dihasilkan oleh perusahaan yang sama. Dengan begitu istilah loyalitas konsumen terhadap perusahaan hanya dikenal oleh pihak produsen saja. Karena konsumen hanya mengenal loyalitas/kesetiaan terhadap merek. Konsumen memilih suatu merek karena merek tersebut memiliki karakteristik tertentu yang sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan keinginan mereka, bukan karena perusahaan yang menghasilkan merek tersebut. Masing-masing merek dipandang sebagai suatu individu terpisah yang berdiri sendiri-sendiri. Keadaan ini harus dapat disiasati oleh pihak produsen, karena mereka yang menciptakan produk dengan merek-merek tersebut. Produsen harus dapat membaca apa yang konsumen harapkan dari suatu merek. Dan selain itu produsen juga harus dapat membangun masing-masing merek agar memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri sehingga dapat dibedakan dari merek-merek lainnya. Strategi Multibrand adalah salah satu cara yang tepat bagi produsen dalam mengatasi keinginan dan harapan konsumen yang berbeda-beda.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)