Untuk dapat mempertahankan perusahaannya dalam menghadapi persaingan, salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan melakukan pengembangan produk baik dengan penyempurnaan terhadap produk yang telah ada maupun produk-produk yang baru. Dalam menyesuaikan dirinya terhadap kondisi yang dapat berubah, maka perusahaan harus benar-benar menghasilkan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen sehingga volume penjualan perusahaan dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui peranan pe ngembangan produk yang dilakukan oleh PT. Jakarana Tama dalam meningkat kan volume penjualan, dan untuk melihat kendala-kendala yang terdapat di dalam perusahaan dan juga tahap pengembangan produk serta faktor-faktor yang dihadapi oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan kedelapan tahap pengembangan produk dengan baik, sehingga kemmugkinan keberhasilan produk baru maupun penyempunaan pada produk yang telah ada lebih besar. Keadaan demikian berarti membawa keuntungan yang lebih baik bagi perusahaan. Sedangkan masalah yang dihadapi perusahaan adalah stabilitas mutu bahan baku lokal tidak stabil dan harga bahan baku yang berubah-ubah. |