Anda belum login :: 25 Mar 2023 05:47 WIB
Detail
BukuAnalisis Implementasi Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan PT. Bakrie Bulding Industries
Bibliografi
Author: Widyanasta, Silvi Sagita ; Widodo, Yohanes Eko (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Silvi Sagita Widyanasta's Undergraduated Theses.pdf (230.0KB; 28 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1106
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Akibat krisis moneter yang melanda perekonomian indonesia banyak perusahaan yang tidak dapat bertahan karena kehilangan pelanggan. Agar tetap dapat bertahan maka perusahaan harus merubah orientasinya, dari perusahaan yang semula orientasi produk kini beralih ke orientasi pelanggan. Perusahaan menyadari dengan mempertahankan pelangan yang setia maka perusahaan telah memiliki customer retention yang berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan serta mengurangi biaya operasional perusahaan. Salah satu metode untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan adalah metode Customer Relationship Management.
Dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana PT. Bakrie Building Industries dalam menyusun kegiatan program CRM sekaligus bagaimana pelaksanaan program CRM yang dilakukan. Dari hasil pelaksanaan Customer Relationship Management di PT. Bakrie Bulding Industries pelaksanaanya cukup baik, hubungan perusahaan dan pelanggan dapat terjalin dengan lebih dekat, tidak saja hubungan pekerjaan namun juga hubungan pribadi. Sedangkan kekurangan PT. Bakrie Building industries yaitu tidak memiliki Idatabase marketing tersendiri tetapi database marketing tersebut terdapat di pusat sistim informasi.
Hasil yang dirasakan dari PT.BBI setelah menerapkan metode CRM ini adalah kenaikan penjualan sebesar 60% dari total penjualan sebelum krisis moneter, selain itu biaya operasional perusahaan juga mengalami penurunan. Hal yang harus dilakukan PT.BBI bila tetap memiliki pelanggan yang setia adalah selalu memberikan kualitas produk yang baik dan harus selalu berusaha menciptakan hubungan yang baik dan bernilai, sehingga pelanggan memiliki keterikatan emosional.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.28125 second(s)