Anda belum login :: 28 Jun 2022 11:00 WIB
Detail
BukuAnalisa Pengendalian Intern dalam Sistem Akuntansi Pembelian dan Pengeluaran Kas/Bank pada PT. Budi Muaratex.
Bibliografi
Author: Suwandy, Johan (Advisor); Jemmy
Topik: Sistem Akuntansi Pembelian; Pengeluaran Kas Bank
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2002    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Jemmy's Undergraduated Theses.pdf (422.0KB; 58 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-2446
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelian bahan baku yang disertai dengan kewajiban untuk melakukan pembayaran kepada pihal pemasok merupakan faktor penting untuk menjamin kelancaran proses produksi perusahaan. Dengan adanya pengendalian intern yang baik dalam sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas/bank pada perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan menghindari terjadinya pemborosan dan kecurangan. Mengetahui bahwa pentingnya hal tersebut, maka penulis ingin membahas mengenai analisa pengendalian intern dalam sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas/bank pada PT. Budi Muaratex dengan tujuan untuk mengetahui kondisi sistem akuntansi dan pengendalian intern yang diterapkan perusahaan dan melakukan analisa atas sistem dan prosedur yang ada pada perusahaan. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan riset dengan menggunakan beberapa metode penelitian yaitu melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dari penelitian tersebut dapat diketahui apakah sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas/bank beserta pengendalian intern yang diterapkan pada PT. Budi Muaratex sudah dilaksanakan sesuai dengan sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas/bank pada landasan teori.
Melalui hasil analisa atas pengendalian intern dalam sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas/bank pada perusahaan, dapat diketahui bahwa masih terdapat beberapa perbedaan dalam pembagian wewenang kepada unit-unit organisasi antara landasan teori dengan prakteknya. Formulir-formulir yang digunakan perusahaan sudah cukup baik karena sudah dapat memenuhi kebutuhan bagian-bagian yang terkait. Jaringan prosedur yang diterapkan perusahaan dengan landasan teori memiliki beberapa perbedaan terutama dalam prosedur pembelian.
Setelah dilakukan anlalisa, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas/bank yang telah diterapkan dalam perusahaan sudah cukup baik karena sudah terdapat pembagian wewenang yang jelas antara masing-masing bagian. Namun ada beberapa perbaikan yang diperlukan oleh perusahaan, seperti perlunya pemisahan antara fungsi penyimpanan barang dengan fungsi penerimaan yang selama ini kedua tugas ini hanya dipegang oleh satu bagian saja yaitu bagian gudang. Formulir-formulir yang digunakan di dalam perusahaan sudah cukup baik karena sudah dapat memenuhi kebutuhan masing-masing bagian terkait yang terlibat dalam transaksi yang dilakukan perusahaan. Beberapa kebaikan dan kelemahan yang terdapat dalam sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas/bank pada PT. Budi Muaratex beserta dengan saran-saran yang diberikan, dapat dilihat pada bab akhir dari skripsi ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.2500144 second(s)