Anda belum login :: 09 Feb 2023 12:02 WIB
Detail
BukuAnalisa Kelayakan Ekspansi dalam Aktiva Mesin dan Pengaruhnya pada Kinerja Keuangan PT DSG (Suatu Studi Kasus PT DSG)
Bibliografi
Author: Siang, Hauw Suk ; Salamun, Suyono (Advisor)
Topik: Sumber Dana Jangka Panjang; Laporan Keuangan; Arus Kas; Metode Payback Period; Metode Net Present Value
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2000    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Hauw Suk Siang's Master Theses.pdf (6.46MB; 15 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-165
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: tidak ada
   Reserve Lihat Detail Induk
Abstract
PT. DSG adalah perusahaan industri yang bergerak dalam bidang pengecoran logam kuningan yang berlokasi di Tangerang. Hasil produksi perusahaan ini 90 % diekspor ke negara-negara lain seperti Malaysia, Taiwan dan Amerika. Penjualan lokal hanya dilakukan untuk memenuhi permintaan perusahaan induk, PT. ST dan biasanya digunakan untuk keperluan proyek pembangunan gedung-gedung perkantoran, hotel dan apartemen. Hasil produksinya antara lain sanitary ware part, gate valve, pipe dan lain-lain. Penulis mengadakan studi kasus pada PT. DSG karena tertarik dengan investasi yang telah dilakukan perusahaan dengan membeli mesin-mesin produksi yang tujuannya agar dapat meningkatkan hasil produksi sehingga dapat memenuhi permintaan ekspor dari manca negara. Karena itu penulis mencoba memaparkan kelayakan investasi ini dengan menganalisa apakah proyek tersebut layak dan positif diterima, juga seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja keuangan perusahaan, terutama pengaruhnya terhadap net income. Untuk kepentingan itu penulis mulai menganalisa kelayakan investasi mesin tersebut dengan meneliti NPV dan IRR mesin dan ternyata hasilnya layak dan memenuhi syarat. Pengujian juga dilakukan dengan memperhitungkan kemungkinan terjadinya penurunan atau resesi dengan menganalisa pada dua kondisi yang berbeda yaitu kondisi normal dan pesimis. Penulis mendapatkan hasil analisa sensitivitas pada kedua kondisi tersebut masih menghasilkan NPV dan IRR yang positif, juga pengaruhnya pada kinerja keuangan secara keseluruhan positif. Dengan NPV sebesar Rp. 2.659.415.000,- dan IRR lebih kurang 67 % pada kondisi normal, kemudian NPV sebesar Rp. 1.197.905.000,-dan IRR lebih kurang 45,50 % pada kondisi pesimis, maka dapat disimpulkan bahwa proyek tersebut atau investasi mesin tersebut memenuhi syarat dan layak diterima.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)