Indonesia merupakan negara berkembang dengan tingkat populasi yang besar. Dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa, dan dengan tingkat pertumbuhan rata - rata 1,6 % per tahun menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial bagi berbagai macam produk perusahaan, termasuk juga bagi pasar industri otomotif. Dewasa ini perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif meningkat seiring dengan produk yang dihasilkannya. Demikian juga halnya dengan pasar sepeda motor Indonesia sebagai negara berkembang merupakan pasar yang besar sekali bagi industri sepeda motor ini. Hal ini dapat dilihat dengan masuknya banyak sekali produsen sepeda motor dari Cina. Dengan ikut masuknya produsen motor dari Cina menyebabkan tingkat persaingan yang tinggi dalam industri sepeda motor ini. Dengan tingkat persaingan yang tinggi, dan setiap produsen berusaha untuk menguasai pangsa pasar sebesar mungkin, maka setiap produsen harus mengembangkan strategi yang tepat. Salah satunya dengan mengikuti permintaan dari pasar dan menjaga kesetiaan konsumen dengan memberikan pelayanan dan kepuasan yang maksimal. Mengacu pada hal diatas, maka berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis terhadap 100 orang responden pemilik sepeda motor Honda di wilayah Jakarta Utara. Pada umumnya responden merasa puas dengan sepeda motor Honda, pelayanan yang dirasakan saat membeli sepeda motor tersebut, dan pelayanan terhadap bengkel resmi Honda. Dengan memperhatikan hasil penelitian ini, maka perusahaan diharapkan untuk lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan dan mutu dari sepeda motor Honda. Hal ini sangat penting karena dalam kondisi persaingan yang seperti sekarang ini kepuasan konsumen terhadap suatu produklah salah satu faktor yang akan menentukan kemenangan perusahaan dalam persaingan yang sengit ini. |