Anda belum login :: 29 May 2024 12:17 WIB
Detail
BukuGambaran Fungsi Kognitif Lanjut Usia yang Tinggal di Panti Jompo dan yang Tinggal Bersama Keluarga (Artikel dari Sindroma Geriatri Pada Lansia di Komunitas: Sebuah Monograf Februari 2014 hal. 75-82)
Bibliografi
Author: Sasmita, Poppy Kristina
Bahasa: (ID )    ISBN: 978-602-8904-49-0    
Penerbit: Penerbit Universitas Atma Jaya Jakarta     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Article - Untuk Buku
Fulltext: B3 Gambaran Fungsi Kognitif Lanjut Usia yang Tinggal.pdf (2.95MB; 3 download)
Abstract
Pendahuluan
Peningkatan harapan hidup di Indonesia akan meningkatkan jumlah orang tua. Dukungan sosial penting dalam kegiatan sehari-hari orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi fungsi kognitif pada lanjut usia (Lansia) yang tinggal di Panti Jompo dan yang tinggal bersama keluarga.
Metode
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif potong lntang. Fungsi kognitif diperiksa dengan mengginakan Mini Mental State Examination (MMSE).
Hasil
Total 88 Lansia ikut dalam penelitian ini, 46 orang yang tinggal di Panti Jompo dan 42 oran tinggal bersama keluarga mereka. Rerata usia 70.37±8.119 tahun.Rerata skor MMSE pada seluruh responden adalah 26.33±3.915. Rerata membuktikan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dan fungsi kognitif. Diketahui bahwa dukungan sosial berupa komunikasi yang efektif dikerahui dapat menghambat penurunan fungsi kognitif. Pada penelitian ini ingin mengetahui gambaran fungsi kognitif Lansia yang tinggal pada lingkungan yang berbeda, yaitu di Panti Jompo dan dengan keluarga.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)