Strategi komunikasi pemasaran sering kali menggunakan media sosial untuk memaksimalkan pemasarannya. Sama seperti pemasaran Seri Film My Lecturer My Husband karya dari MD Pictures yang berkolaborasi dengan WeTV menggunakan strategi komunikasi pemasaran viral marketing dengan menggunakan media sosial Instagram. Dengan membuat konten yang menarik dapat menghasilkan buah yang baik seperti viral yang artinya menjadi buah bibir masyarakat di media sosial maupun internet dan terjadinya keputusan pembelian untuk membeli VIP Ticket WeTV serta dalam jangka panjang dapat membentuk kepercayaan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan strategi viral marketing yang dilakukan MD Pictures untuk memasarkan Seri Film My Lecturer My Husband hingga mendapatkan kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian VIP WeTV. Dalam mengkaji fenomena tersebut peneliti menggunakan teori Marketing Mix, IMC, Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, E-WOM, Viral Marketing, Kepercayaan Kosnumen dan Keputusan Pembelian. Dengan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi pada konten promosi Seri Film My Lecturer My Husband dan unggahan Prilly Latuconsina sebagai trigger pertama munculnya pemasaran viral marketing. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan memanfaatkan media sosial sedemikian rupa dan mengembangkan strategi viral marketing yang didasarkan dari adanya E-WOM, menjadikan kegiatan promosi lebih menarik dan dapat menciptakan animo untuk menonton Seri Film My Lecturer My Husband serta dapat mendorong untuk melakukan pembelian pada VIP WeTV. Dengan menggunakan strategi promosi tersebut, dapat menciptakan kepercayaan pelanggan yang ditimbulkan karena dapat memberikan karya yang menarik dan bagus. Namun, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan kepada lima narasumber belum memiliki minat untuk melakukan pembelian secara berulang. |