Seiring dengan berjalannya waktu, banyak hal yang mengalami perkembangan serta perubahan. Hal tersebut berdampak pada bisnis atau usaha-usaha yang dapat kita temukan di sekitar kita. Rivalitas antara satu dengan yang lainnya pun meningkat dan semakin ketat. Persaingan yang terjadi ini tentunya akan menguji para pelaku bisnis untuk mempersiapkan strategi yang tepat bagi bisnis mereka. Penelitian ini akan bertujuan untuk membantu menentukan serta merumuskan strategi yang tepat bagi Anetos Coffee and Brunch saat ini. Perancangan strategi bisnis akan dilakukan dengan 3 tahap perumusan strategi yaitu tahap input (Matriks EFE dan IFE), tahap pencocokan (Matriks SWOT dan IE), dan tahap keputusan (Matriks QSPM). Strategi yang tepat akan ditentukan berdasarkan dengan faktor- faktor internal dan eksternal perusahaan. Melalui penelitian ini didapatkan bahwa Anetos Coffee and Brunch saat ini merupakan perusahaan dengan posisi grow and build. Strategi yang tepat untuk perusahan dengan posisi ini adalah pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Namun melalui matriks QSPM didapatkan hasil bahwa strategi pengembangan pasar merupakan strategi dengan prioritas utama dengan nilai STAS (Sum Total Attractiveness Score) tertinggi yaitu sebesar 5,819. Oleh karena itu berdasarkan penelitian ini maka strategi yang tepat untuk dijalankan oleh Anetos Coffee and Brunch saat ini adalah strategi pengembangan pasar. |