Anda belum login :: 24 Feb 2024 23:02 WIB
Detail
BukuDAMPAK HUKUM ATAS PENGGABUNGAN (MERGER) PERSEROAN TERBATAS (PT) DAPAT MENGAKIBATKAN TERJADINYA MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (Studi PT. Gojek dan PT. Tokopedia)
Bibliografi
Author: Bonatua, Yosua ; Doloksaribu, Eddie Imanuel (Advisor); Tumanggor, M. S. (Advisor)
Topik: Merger Perusahaan; Gojek; Tokopedia; GoTo; Persaingan Usaha Tidak Sehat
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
ABSTRAK
(A) Yosua Bonatua 2015-050-197
(B) Dampak hukum atas penggabungan (Merger) Perseroan terbatas (PT) yang mengakibatkan terjadinya monopoli dan persaingan usaha tidak sehat (studi PT. Gojek dan PT. Tokopedia
(C) Merger Perusahaan, Gojek, Tokopedia, GoTo, Persaingan Usaha Tidak Sehat.
(D) Daftar Acuan: 29 (1990-2013)
(E) Dunia kini memasuki peradaban baru dimana dalam aktivitas manusia bergeser semakin modern begitupun dengan teknologi. Untuk menghadapi laju peradaban dunia yang semakin canggih tentu manusia harus memenuhi tuntutan tersebut agar tidak tertinggal. Perusahaan-perusahaan besar dituntut untuk menciptakan karya dan inovasi terbarukan untuk menghadapi tuntutan dunia. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan dalam menciptakan suatu inovasi baru adalah dengan melakukan merger. Dimana perusahaan melakukan penggabungan dengan perusahaan lain yang dianggap dapat menciptakan inovasi baru. Dalam hal ini Penulis tertarik untuk melakukan penelitian merger perusahaan Gojek dan Tokopedia. Gojek merupakan perusahaan jasa dan Tokopedia merupakan perusahaan e-commerce. Dalam Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normative dimana penelitian dilakukan dengan meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Penulis mengangkat Gojek dan Tokopedia sebagai salah satu contoh perusahaan yang melakukan merger dalam penelitian ini. Penggabungan antara Gojek dan Tokopedia (GoTo) dinilai menarik. Penggabungan Gojek dan Tokopedia ini dinilai akan menjadi penggabungan yang bernilai tinggi dan menciptakan inovasi baru. Serta menjadi salah satu upaya pengembangan perekonomian di Indonesia. Namun terdapat banyak pro dan kontra. Pasalnya Gojek dan Tokopedia ini merupakan perusahaan besar yang mana jika bergabung akan ada kemungkinan timbul terjadinya persaingan usaha tidak sehat yang akan berdampak pula pada kesejahteraan konsumen. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada perkembangan perekonomian Indonesia.
(F) 2022
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.25 second(s)