Anda belum login :: 04 Dec 2022 15:59 WIB
Detail
BukuAnalisis Keterkaitan Career Adaptability dan Personal Growth Initiative pada Perempuan yang Sudah Menikah dan Bekerja: Perspektif Orientasi Peran Gender Tradisional dan Egaliter
Bibliografi
Author: Astuti, Alfrisa ; Shanti, Theresia Indira (Advisor)
Topik: career adaptability; personal growth initiative; perempuan; sikap tradisional; sikap egaliter
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pekerja perempuan yang sudah menikah di Indonesia dihadapkan pada tantangan dalam menjalani kariernya. Tantangan tersebut dapat datang dari pekerjaan itu sendiri maupun dari sulitnya menjalankan pekerjaan sekaligus perannya dalam rumah tangga. Adapun baik perempuan tradisional maupun egaliter dapat mengalami bersinggungannya domain keluarga dan pekerjaannya. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah CA dapat menjadi faktor pelindung internal bagi perempuan bekerja untuk tetap dapat melakukan pertumbuhan diri di tengah berbagai tantangan karier dan kehidupan keluarga yang dijalaninya.

Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain explanatory sequential mixed. Terdapat 130 responden perempuan menikah bekerja yang kemudian dibagi dalam 2 kelompok yakni kelompok tradisional dan egaliter. Skor CA dan PGI pada masing-masing kelompok diuji signifikansi keterkaitannya dengan teknik korelasi Pearson dan uji signifikansi perbedaan CA antara kedua kelompok menggunakan teknik t-test for two independent samples. Pada eksplorasi kualitatif dilakukan wawancara pada satu responden dari masing-masing kelompok dengan panduan wawancara yang didasarkan pada setiap dimensi CA kemudian dianalisis dengan pendekatan thematic analysis.

Dari penelitian ini ditunjukkan baik pada kelompok tradisional maupun egaliter terdapat korelasi yang signifikan antara CA dan PGI, serta terkonfirmasi adanya perbedaan yang signifikan antara CA pada kelompok tradisional dan egaliter. Melalui eksplorasi kualitatif ditemukan perbedaan CA pada kedua kelompok tersebut tidak mutlak dikarenakan adanya perbedaan nilai peran gender yang dipegangnya, melainkan terdapat faktor-faktor seperti perbedaan jenis pekerjaan, perbedaan dalam usia dan jumlah anak, kebutuhan finansial keluarga, serta perbedaan dukungan yang dimiliki. Penelitian ini menunjukkan bahwa berdinamika dengan baik pada karier mencerminkan kepedulian perempuan menikah bekerja terhadap peningkatan kualitas kehidupannya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 2.53125 second(s)