FT Info Dita Pers merupakan sebuah perusahaan penerbitan swasta nasional yang menerbitkan majalah bulanan Info Pers. Dalam mendistribusikan hasil penerbitannya perusahaan menggunakan saluran distribusi melalui agen, sub agen, loper maupun penjualan secara langsung kepada konsumen, karena sifat produk itu adalah barang konveniens, maka perusahaan harus menggunakan saluran dua tingkat untuk dapat menjangkau konsumen diseluruh Indonesia, selain itu juga dengan pertimbangan isi majalah yang musiman dan berkisar diperbankan umumnya maka harus segera diedarkan dalam umur yang relatif cukup lama kurang lebih satu bulan. Masalah yang dihadapi oleh PT Info Dita Pers adalah, sistem distribusi. Dari hasil analisa diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa timbulnya masalah tersebut disebabkan oleh persaingan dengan perusahaan lain yang sejenis, kebijaksanaan devaluasi Rupiah yang dikeluarkan oleh pemerintah dan penurunan oplah penerbitan karena peningkatan harga. Dengan melihat kepada masalah dan kesimpulan dari hasil analisa, perusahaan disarankan mengadakan seleksi yang baik terhadap perantara, memberikan bonus dan fasilitas kepada para perantara yaitu; agen, sub agen dan loper, mengadakan suatu proyek penelitian terhadap perantara agar lebih mengetahui cara-cara perantara menarik pembeli hingga dapat menjadi pelanggan dan perusahaan harus mengenal benar motivasi konsumen dalam membeli sebuah majalah. |