Anda belum login :: 04 Dec 2022 14:50 WIB
Detail
BukuAnalisis Faktor Kepribadian dengan Pendekatan Psikoleksikal: Studi di Sulawesi Utara
Bibliografi
Author: Rocky (Advisor); Kemur, Franklin Eric
Topik: Psikoleksikal; Kepribadian; Analisis Faktor; Sulawesi Utara
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2016070135, Franklin Eric Kemur, Rocky, Analisis Faktor Kepribadian dengan Pendekatan Psikoleksikal Studi di Sulawesi Utara, 8 Juli 2020.pdf (3.06MB; 41 download)
Abstract
Penelitian psikoleksikal ini dilakukan di Sulawesi Utara untuk melihat kepribadian khas budaya yang ditunjukkan oleh faktor-faktor pada struktur kepribadian. Sulawesi Utara termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam suku dan agama. Meskipun Sulawesi Utara memiliki kemajemukan pada masyarakatnya, masyarakat tetap hidup damai dan rukun. Sulawesi Utara juga terkenal dengan masyarakatnya yang memiliki sikap toleran.
Instrumen dalam penelitian ini berisi 204 kata sifat dalam bahasa Indonesia yang diekstraksi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan dipilih dari tingkat familiaritas tertinggi. Partisipan dari penelitian ini berjumlah 419 partisipan yang terdiri dari suku-suku yang ada di Sulawesi Utara. Partisipan mengisi instrumen penelitian ini dengan memilih dari skala satu (sangat tidak sesuai) hingga skala enam (sangat sesuai) untuk menilai diri sendiri dengan kata sifat yang ada. Data yang didapat dari penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan metode Exploratory Factor Analysis (EFA), yaitu metode analisis faktor tanpa adanya dugaan dari peneliti sebelumnya. Rotasi faktor yang digunakan pada penelitian ini adalah rotasi orthogonal – varimax. Faktor-faktor tersebut juga dibandingkan dengan marker scale Big Five dan Big Six.
Struktur faktor dari penelitian ini yang dianggap paling baik adalah struktur tujuh faktor meskipun peneliti mengekstraksi hingga sembilan faktor. Ketujuh faktor tersebut diinterpretasi dan diyakini dimiliki oleh masyarakat Sulawesi Utara. Faktor-faktor tersebut adalah Karlota, Andalan, Panjaha, Tradisionalitas Gender, Toleran vs Intoleran, Intelektualitas, dan Stabilitas Emosional. Terdapat beberapa kekurangan dari penelitian ini yaitu mayoritas partisipan berasal dari kota Manado sehingga kurang merepresentasikan Sulawesi Utara secara keseluruhan. Selain itu juga terdapat kemungkinan bahwa hasil penelitian ini kurang menggambarkan struktur kepribadian masyarakat Sulawesi Utara karena penggunaan kata sifat dalam Bahasa Indonesia dan jumlah kata sifat yang terbatas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.21875 second(s)