E-learning readiness merupakan situasi atau kondisi yang menunjukkan kesiapan secara fisik maupun mental dalam memberikan respon dalam prosespembelajaran dengan menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kesiapan e-learning siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA dan Matematika kelas III A SD Strada Budi Luhur I. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional, di mana pengambilan subjek diambil kelas III A berjumlah 42 siswa. Instrumen pengambilan data yang digunakan yaitu angket kesiapan e-learning dan tes hasil belajar pada mata pelajaran IPA dan Matematika. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, untuk melakukan uji korelasi product moment. (1) Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan positif kesiapan e-learning dengan hasil belajar IPA sebesar 0,425 dan (2) kesiapan e-learning dengan hasil belajar matematika sebesar 0,118. Kesimpulan penelitian ini yaitu adanya hubungan yang positif kesiapan e-learning siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di SD Strada Budi Luhur I. Saran dari penelitian ini yaitu guru membimbing siswa supaya pembelajaran menggunakan e-learning dapat ditingkatkan |