Anda belum login :: 30 Nov 2022 10:10 WIB
Detail
BukuAKIBAT HUKUM DITERBITKANNYA PP NOMOR 72 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS PP NOMOR 44 TAHUN 2005 TERHADAP PT TIMAH TBK DAN PT ANTAM TBK SEBAGAI ANAK PERUSAHAAN BUMN DALAM BIDANG USAHA PERTAMBANGAN
Bibliografi
Author: Silalahi, Kristianto P.H. (Advisor); Kristianti, Irene
Topik: Anak Perusahaan BUMN; Holding; BUMN; Induk Perusahaan.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Irene Kristianti_Undergraduate_Thesis_2020.pdf (2.19MB; 45 download)
Abstract
Sejalan dengan tujuan negara terhadap BUMN, maka dibentuk Holding BUMN dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2005 Tentang Tata Cara Penyertaan dan Penatausahaan Modal Negara Pada Badan Usaha Milik Negara dan Perseroan Terbatas sebagai dasar hukum. Dengan diterbitkannya PP Nomor 72 Tahun 2016 sendiri, memberikan adanya pengaruh terhadap perusahaan yang statusnya telah berubah. Terhadap dampak yang timbul dengan diterbitkannya PP Nomor 72 Tahun 2016 tersebut, maka hal yang akan dikaji dalam penulisan ini yakni akibat hukum terhadap PT TIMAH,Tbk dan PT ANTAM, Tbk terhadap status Perseroan akibat diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2005 Tentang Tata Cara Penyertaan dan Penatausahaan Modal Negara pada Badan Usaha Milik Negara dan Perseroan Terbatas. Adapun pendekatan yang akan digunakan dalam skripsi ini adalah metode yuridis normatif.
Dengan diterbitkannya PP Nomor 72 Tahun 2016, tidak memberikan perubahan secata strategis terhadap anak perusahaan dikarenakan adanya perlakuan yang sama terhadap anak perusahaan dengan BUMN. Perubahan terjadi diakibatkan dengan berubahnya status perusahaan khususnya pada PT TIMAH Tbk dan PT ANTAM Tbk yang semulanya BUMN menjadi Perseroan Terbatas dan dikategorikan sebagai anak perusahaan BUMN. Dengan adanya pengalihan Penyertaan Modal Negara PT ANTAM Tbk dan PT TIMAH Tbk kepada PT INALUM sebesar 65% saham seri B dengan penguasaan saham seri A yang dipegang oleh negara, maka menyebabkan adanya perubahan mengenai tanggung jawab dan pengendalian perusahaan serta adanya hak istimewa yang dimiliki oleh negara terhadap PT ANTAM Tbk dan PT TIMAH Tbk sebagaimana yang diatur dalam PP Nomor 72 Tahun 2016 dan berdasarkan Anggaran Dasar masing-masing perusahaan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.21875 second(s)