Salah satu peristiwa yang membuat peran public relations dibutuhkan adalah masa krisis. Tugas public relations adalah membuat strategi komunikasi yang dapat menangani krisis dan terus meningkatkan loyalitas konsumen. Kecelakaan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 dengan tujuan Jakarta – Pangkal Pinang merupakan salah satu krisis yang paling besar bagi perusahaan Lion Air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi manajemen krisis Lion Air terhadap loyalitas konsumen pasca kecelakaan JT610 yang diukur berdasarkan teori strategi penanganan manajemen krisis oleh Regester & Larnkin (2005) dan teori loyalitas konsumen dari Giddens (2002). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari 100 responden yang merupakan pelajar/mahasiswa, karyawan swasta, wirausaha, atau pegawai negeri, dengan rentang umur antara 18 - 38 tahun yang merupakan pengguna Lion Air sebelum terjadinya kecelakaan JT60 dan pengguna Lion Air setelah terjadinya kecelakaan JT610. Hasil penelitian ini yaitu adanya pengaruh positif terhadap strategi public relations yang dilakukan Lion Air terhadap loyalitas konsumen. |