Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi 3 situs belanja online dan mengetahui situs mana yang paling baik dari segi usability. Kriteria usability yang digunakan mengacu pada ISO 9241:11, yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Dengan menggunakan 50 data responden, uji beda rataan 3 sampel dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikan kriteria effectiveness dan kriteria efficiency antara ketiga situs belanja online. Kriteria satisfaction diukur dengan menggunakan skor dari kuesioner SUS. Selama pengujian, responden melakukan 3 task yang ditetapkan. Secara keseluruhan, analisis lanjutan menggunakan ANOM menunjukkan situs Mapemall merupakan yang paling efektif dan efisien, sedangkan apabila dikategorikan berdasarkan kelompok responden, Mapemall secara umum merupakan situs yang paling efektif dan Berrybenka secara umum merupakan situs yang paling efisien pada responden karyawan, generasi Xers dan Y, dan pengguna handphone dalam belanja online pada kebiasaannya. Hasil skor SUS menunjukkan kepuasan untuk situs Zalora masih dalam kategori poor sedangkan kepuasan responden terhadap situs Berrybenka dan Mapemall masuk ke dalam kategori good. Hasil heatmap dan analisis pergerakan mata responden menunjukkan bahwa pada halaman homepage ketiga situs memiliki kesamaan fokus dari responden berada pada bagian atas dan bagian bawah, sedangkan pada halaman pencarian baju situs Mapemall terpapar lebih sedikit fiksasi yaitu hanya pada bagian atas halaman, dan untuk halaman pemesanan, situs Mapemall memiliki distribusi fokus mata responden yang lebih efisien karena tidak ada penyebaran mata responden pada bagian yang kosong. Hasil heatmap ini juga menjadi dasar dalam pemberian rekomendasi dan pengembangan situs. |