Anda belum login :: 07 Jul 2022 12:30 WIB
Detail
BukuAnalisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Studi pada 4 Praktikan di Program Studi PGSD Unika Atma Jaya)
Bibliografi
Author: Kurniawati, Inggrid wati (Advisor); Sihotang, Gustri Ami Putri
Topik: Pelaksanaan Pembelajaran; RPP
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Gustri Ami Putri Sihotang_Undergraduate Theses_2019.pdf (2.23MB; 51 download)
Abstract
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana dalam pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru dan memuat kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan guru dengan peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran adalah implementasi dari RPP itu sendiri. Selain guru, hal ini juga merupakan tugas mahasiswa calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan ketidaksesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah empat orang mahasiswa Atma Jaya Jakarta prodi PGSD yang mengikuti program pemagangan pada semester ganjil tahun akademik 2018/2019. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diketahui kelengkapan komponen RPP sudah baik, RPP yang disusun sudah relevan, langkah pelaksanaan pembelajaran sudah baik, namun masih terdapat ketidaksesuaian antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran. Terdapat beberapa alasan ketidaksesuaian tersebut yaitu yaitu kegiatan pembiasaan pagi yang hanya dilaksanakan setiap hari Senin, terjadi kesalahan teknis, lupa, kondisi kelas yang kurang kondusif, ketidaktelitian praktikan saat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan manajemen waktu yang kurang baik.Disarankan bagi program studi hendaknya dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bagi guru dan mahasiswa calon guru dapat menyusun RPP dengan lebih baik lagi dan melaksanakan pembelajaran sesuai RPP, bagi sekolah mampu memotivasi sehingga dapat menyusun RPP sesuai keadan lingkungan sekolah serta mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)