Anda belum login :: 20 Aug 2022 00:12 WIB
Detail
BukuAnalisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sikap terhadap Penggunaan Pembayaran Non-Tunai (Studi Kasus Penggunaan Grabpay pada Mahasiswa Unika Atma Jaya)
Bibliografi
Author: Sijabat, Rosdiana (Advisor); Yanti, Lily
Topik: Bisnis Internasional; TAM; Teknologi; Grabpay
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Imu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Lily Yanti_Undergraduated Theses_2018.pdf (2.21MB; 110 download)
Abstract
Grabpay adalah fitur pembayaran non-tunai dalam aplikasi Grab yang pertama kali diperkenalkan pada Januari 2016 dengan nama Grabpay Credits. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan persepsi kegunaan (perceived usefulness) dengan sikap terhadap penggunaan (attitude towards using) Grabpay pada mahasiswa Unika Atma Jaya. Hipotesis yang diuji adalah persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif pada sikap terhadap penggunaan Grabpay dan persepsi kegunaan berpengaruh positif pada sikap terhadap penggunaan Grabpay.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik regresi berganda untuk menganalisis data. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online ke mahasiswa Unika Atma Jaya yang pernah menggunakan Grabpay agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh peneliti. Pengolahan data dari hasil kuesioner ini menggunakan Microsoft Excel. Data sekunder diperoleh dari buletin statistik, publikasi pemerintah, serta kajian literatur dari penelitian terdahulu.
Hasil penelitian menunjukkan adanya asosiasi positif antara dua
variabel independen, yaitu persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan persepsi kegunaan (perceived usefulness), terhadap variabel dependen yaitu sikap terhadap penggunaan Grabpay. Dengan demikian disimpulkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) Grabpay dan persepsi kegunaan (perceived usefulness) Grabpay memiliki pengaruh yang signifikan dengan sikap terhadap penggunaan (attitude towards using) Grabpay, sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian didukung oleh data dan temuan penelitian.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)