Futsal berasal dari bahasa portugis yang berarti "sepakbola dalam ruangan". Salah satu aksesoris pendukung futsal adalah sepatu futsal. Nike, merupakan salah satu merek internasional yang bergerak di pasar sepatu futsal. Selain Nike, ada pula merek sepatu futsal dalam negeri, yaitu Specs. Kedua merek ini memiliki segmen yang sama dan memilki produk yang relatif sama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan kedua merek tersebut. Perbandingan kedua merek sepatu futsal ini dilihat berdasarkan brand awareness, perceived quality dan brand loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak muda yang tergabung dalam sebuah komunitas pendukung club sepakbola yang ada di Tangerang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji hipotesis, dengan bentuk uji-t hipotesis dua sisi (two-tailed). Dari hasil penelitian ini didapatkan nilai p-value di bawah 0.05 pada setiap variable yang diuji. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan brand awareness, perceived quality dan brand loyalty antara sepatu futsal Nike dan sepatu futsal Specs. |