Anda belum login :: 20 May 2022 13:55 WIB
Detail
BukuPotensi minuman sinom (Curcuma domestica val.- Tamarindus indical.) sebagai minuman fungsional (di dalam Prosiding Seminar Nasional dan Pameran Produk Agroindustri APTA 2013)
Bibliografi
Author: Mulyani, Sri ; Admadi H., Bambang ; Puspawati, Gusti Ayu Kadek Diah ; Widari, Ida Ayu
Topik: sinom; antioxidant; granulated sugar; brown sugar; sinom; antioksidan; gula pasir; gula merah; dokter
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Universitas Brawijaya     Tempat Terbit: Malang    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext: potensi minuman sinom.pdf (110.14KB; 0 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Minuman sinom memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai minuman fungsional kaya antioksidan.Kurkumin dalam kunyit diketahui mempunyai aktifitas antioksidan yang tinggi, anti inflammatory dan anti kanker. Sedangkan daun asam menunjukkan potensi sebagai antioksidan, antidiabetes dan anti hiperlipidemik. Penelitian menunjukkan bahwa formulasi ekstrak kunyit-daun asam (sinom) mempunyai sinergisme antioksidan sangat kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kapasitas antioksidan minuman sinom, menentukan konsentrasi penambahan gula serta menentukan rasio jenis gula pada minuman tersebut. Proses pengolahan sinom dibuat berdasarkan penelitian Mulyani dkk. Kapasitas antioksidan diuji dengan metode DPPH, Uji organoleptik dengan uji skoring dan uji kesukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minuman sinom memiliki kapasitas antioksidan 4.44% GAEAC.
Panelis memberi penilaian 3,41(cukup suka sampai suka) pada konsentrasi penambahan gula 12,5%. Panelis memberi nilai kesukaan tertinggi pada rasio penambahan (100 % gula pasir) dengan nilai 3,5 (cukup suka sampai suka).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)