Tracer study merupakan penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemeroleh kompetensi selama kuliah. Tracer study dapat memberikan informasi bagaimana relevansi antara alumni pelajari selama di institusi pendidikan dengan dunia kerja professional, dan informasi bagi user (stakeholder). Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan tracer study harus dilakukan secara terus-menerus agar sebuah institusi pendidikan dapat terus-menerus melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap mutu pendidikan yang mereka berikan
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh-pengaruh proses pembelajaran yang diberikan terkait dengan aspek-aspek tracer study, yaitu aspek profesionalisme, kerjasama tim, penguasaan teknologi infomasi, pengembangan diri, integritas, komunikasi, dan bahasa inggris terhadap profil alumni. Melalui penelitian ini akan dilihat pengaruh proses pembelajaran yang diberikan terkait faktor-faktor tracer study terhadap profil alumni menggunakan pemodelan persamaan structural. Dari penelitian ini akan diketahui proses pembelajaran terkait aspek tracer study yang diprioritaskan untuk ditingkatkan oleh pihak program studi sehingga menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah SEMberbasis PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan diantara ketujuh faktor tracer study. Selain itu terdapat hubungan antara ketujuh faktor tracer study terhadap profil alumni. Berdasarkan dari pengolahan data yang dilakukan didapat pula karateristik alumni terhadap proses pembelajaran yang didapat dan didapat empat proses pembelajaran yang diprioritaskan untuk ditingkatkan dimana proses pembelajaran yang diprioritaskan untuk ditingkatkan terkait dengan aspek bahasa inggris dengan skor sebesar 8.85. |