Sistem transaksi pada perpustakaan seperti peminjaman dan pengembalian buku pada umumnya masih dilakukan secara manual dengan bantuan seorang operator. Dalam satu transaksi peminjaman buku, operator perlu melakukan pemeriksaan buku yang akan dipinjam, mencatat data peminjam buku pada kartu peminjaman, memasukan data mahasiswa dan buku yang dipinjam ke dalam basisdata, dan sebagainya. Apabila seluruh kegiatan tersebut dilakukan secara manual, maka diperlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan satu transaksi peminjaman buku pada perpustakaan. Selain itu ketelitian operator dalam memasukan data buku dan peminjam pada kartu peminjaman dan basisdata juga menjadi kendala dalam bertransaksi di perpustakaan. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengaplikasikan smart card pada proses peminjaman dan pengembalian di perpustakaan. Sistem transaksi di perputakaan menggunakan contact smart card sebagai kartu identitas mahasiswa dan contactless smart card sebagai kartu identitas buku, pemrograman Delphi 7 sebagai user interface dan mikrokontroler yang berfungsi sebagai interface terhadap konveyor, buzzer, dan sensor inframerah. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa dengan menggunakan smart card, transaksi di perpustakaan dapat dilakukan secara otomatis tanpa bantuan operator sehingga waktu yang dihabiskan dan kesalahan yang terjadi lebih sedikit. |