Persaingan pada produk-produk olahraga di Indonesia berlangsung sangat ketat saat ini, banyak merek-merek baru yang muncul di tanah air. Persaingan tersebut sejalan dengan meningkatnya kesadaran akan perlunya olahraga karena baik untuk kesehatan dan telah menjadi suatu kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. Semakin banyak pengguna suatu produk maka persaingan antara produk serupa akan semakin marak. Para produsen pun berlomba-lomba untuk mendapatkan loyalitas dari para konsumennya. Dimana loyalitas konsumen tersebut bisa didapatkan dengan meningkatkan kepuasan konsumen dan citra merek. Penelitian ini menggunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini yaitu 148 orang mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen UNIKA Atma Jaya angkatan 2011 dan 2012 yang pernah membeli sepatu NIKE. Teknik pengambilan sampel non probabilitas (non probability sampling), dengan metode pengambilan sampel convenience sampling. Dengan menggunakan analisis regresi berganda didapatkan hasil yaitu: terdapat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada sepatu NIKE, terdapat pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen pada sepatu NIKE, dan terdapat pengaruh kepuasan konsumen dan citra merek secara simultan terhadap loyalitas konsumen pada sepatu NIKE. |