Ditengah persaingan yang ketat, mengutamakan harga murah yang diusung oleh PT Indonesia AirAsia tidaklah cukup untuk menarik minat konsumen. Salah satu faktor yang menjadi kekuatan untuk dapat mempertahankan hidup perusahaan yaitu menciptakan brand loyalty yang dapat dipengaruhi oleh adanya brand trust melalui 3 dimensinya yaitu brand characteristic, company characteristic, dan consumer-brand characteristic. Dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 151 responden para anggota Komunitas Backpacker Indonesia yang pernah menggunakan jasa maskapai penerbangan AirAsia dan berdomisili di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel consumer-brand characteristic mempunyai pengaruh terhadap brand loyalty, dan juga variabel brand characteristic dan company characteristic tidak mempunyai pengaruh terhadap brand loyalty. Selain itu, brand trust melalui ketiga dimensinya tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh brand characteristic, company characteristic, dan consumer-brand characteristic secara bersama-sama terhadap brand loyalty maskapai penerbangan PT Indonesia Air Asia. |