Bank sebagai lembaga keuangan mempunyai peranan yang sangat penting bagi masyarakat baik perorangan maupun perusahaan. Semakin meningkatnya kegiatan maka masyarakat semakin membutuhkan jasa perbankan. Dengan meningkatnya dunia perbankan, Bank Mandiri dituntut untuk terus membangun serta meningkatkan relationship marketing yang lebih baik agar loyalitas konsumen dapat dipertahankan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen dengan menjadikan variabel demografi, yaitu jenis kelamin sebagai moderasi. Penelitian ini menggunakan metode dengan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri di Kompleks Perumahan Taman Berdikari Sentosa, Rawamangun, Jakarta Timur. Dengan jumlah sampel sebanyak 250 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dianalisis dengan teknik moderated regression analysis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen-elemen relationship marketing yang meliputi trust, satisfaction, dan commitment berpengaruh terhadap customer loyalty Bank Mandiri. Serta, elemen relationship marketing trust dan communication berpengaruh terhadap customer loyalty Bank Mandiri yang di moderasi oleh variabel jenis kelamin. |