Anda belum login :: 02 Oct 2022 00:15 WIB
Detail
BukuAnalisis Kinerja Keuangan Sebelum-Sesudah Akuisisi Dan Nilai Layak Saham PT Bakrie & Brothers Tbk Untuk Tahun 2007
Bibliografi
Author: ANTHONY, MARCELIUS ; Panjaitan, Yunia (Advisor)
Topik: Merger Perusahaan; Akuisisi; Laporan Keuangan; Metode Residual Operating Income Valuation; Valuasi Perusahaan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Marcelius Anthony's Undergraduated Theses.pdf (265.06KB; 102 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-6145
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kondisi suatu perusahaan yang sedang berkembang salah satunya ditandai oleh ekspansi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Ekspansi bisnis ini dapat berupa ekspansi internal dan ekspansi ekternal. Ekspansi internal adalah ekspansi bisnis perusahaan dimana perusahaan membangun suatu unit bisnis baru dari nol. Sedangkan ekspansi ekternal adalah suatu benstuk ekspansi usaha dengan cara membeli suatu perusahaan yang sudah ada dengan cara merger atau akuisisi. Dewasa ini aktifitas merger maupun akuisisi semakin berkembang dan sangat marak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin membangun suatu kerajaan bisnis. PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) juga tidak mau ketinggalan dengan melakukan suatu corporate action berupa akuisisi. Tidak tanggung-tanggung, BNBR akan melakukan akuisisi terhadap tiga perusahaan besar, yaitu PT Energi Mega Persada Tbk, PT Bumi Resources Tbk, dan PT Bakrieland Development Tbk. Oleh karena itulah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap kinerja keuangan BNBR sebelum dan sesudah perusahaan melakukan corporate action ini. Selain itu, penulis juga tertarik untuk menghitung nilai layak dari saham biasa BNBR untuk tahun 2007.
Adapun metode yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan adalah metode analisis empat rasio keuangan berupa Liquidity Ratios, Activity Ratios, Leverage Ratios, dan Profitability Ratios. Sementara itu, untuk menghitung nilai layak saham biasa perusahaan penulis menggunakan metode Residual Operating Income Valuation.
Secara umum, akuisisi yang dilakukan perusahaan akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan. Namun yang harus diwaspadai adalah kondisi likuiditas perusahaan yang cenderung menurun sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Hasil dari perhitungan nilai layak saham biasa perusahaan menunjukkan bahwa pada tahun 2007, harga pasar saham biasa BNBR berada pada posisi underprice terhadap nilai layaknya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)