Anda belum login :: 14 Jul 2014 05:31 WIB
Detail
BukuPerbedaan Ketrampilan Bantu Diri Pada Anak Usia 2,5 Tahun-3 Tahun Yang Mengikuti Kelompok Bermain Dan Yang Tidak Mengikuti Kelompok Bermain
Bibliografi
Author: FERDINAN, RISKY ; Purwanti, Margaretha (Advisor)
Topik: Keterampilan Bantu Dini; Anak Usia 2; 5-3 tahun; Kelompok Bermain.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Theses
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat
    • Nomor Panggil: FP-1310
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Sekarang mi pendidikan di Indonesia mulai mengalarni perubahan terutarna di Jakarta. Sebagian masyarakat sudah mulai menyadari penntingnya pendidikan bagi anak. Di Indonesia, lembaga pendidikan dini atau yang lebih sering disebut dengan prasekolah mi di mulal dengan usia yang bervariasi yaitu sejak usia 1,5 atau 2 taun bahkan sejak usia 6 bulan. Menurut teori perkemnbangan sosial Erikson, anak usia 2 tahun berada pada tahapan perkembangan Outonomi versus Shame and Doubt ( Papalia, Diane& Olds, 1998). Pada tahapan mi anak sudah mulai untuk mencoba memiliki otonomi atas dirinya sendiri
atau dengan kata lain menjadi lebih mandiri sebagai individu. Dalam masa ml biasanya
anak belajar untuk menjadi terampil dalam ha! membanytu din sendiri untuk mernenuhi
kebutuhan dasr pribadinya. Untuk menjadi terampil, seorang anak dapat dipengaaruhi
oleh berbagai macam hal, diantaranya kebudayaan dan adaat istiadat setempat, proses pembelajaran dan lain sebagainya. Dalam proses perkembanan mi biasanya orang tua menjadi model atau contoh
bagi anak untuk belajar menjadi individu yang mandiri. Dengan hadirnya pendidikan dini
atau prasekolah mi, tidak hanya orang tua yang menjadi model tetapi apa yang perlu
dipelajari justru diberikan sebagai salah satu dan program pendidikan. Dengan demikian
diharapkan pendidikan dm1 dapat memberikan sesuatu yang terbaik bagi anak terutama
bagi kemandirian anak . Namun muncul suatu pertanyaan, bagaimana dengan anak- anak
yang tidak mendapatkan pendidikan dm1? Apakah sesungguhnya ada perbedaan dengan antana anak yang menenima pendidikan dini dengan yang tidak menerima pendidikan dini. Tujuan dan penelitian mi adalah untuk melihat apakah ada perbedaan pada keterampilan bantu din pada anak usia 2.5-3 tahun yang mengikuti kelompok bermain dengan yang
tidak mengikuti kelompok bermain.
Penelitian dilakukan terhadap 30 subjek yang mengikuti pendidikan prasekolah dan 30 subjek yang tidak mengikuti pendidikan prasekolah. Usia subjek berkisar antara 2.5 tahun -3 tahun, dengan tingkat sosial ekonomi menengah ke atas, dan mengikuti pendidikan prasekolah minimal 3 bulan bagi kelompok prasekolah. Data diambil dengan
menggunakan alat ukun kuesioner dengan model checklist yang disusun oleh peneliti sendiri berdasankan acuan dan Vineland social Maturiiv Scale. Pengujian perbedaan ke dua kelompok mi menggunakan rumusan t-test. 1-lasil pengujian ada tidaknya perbedaan pada ke dua kelompok ml dengan menggunakan t test sebesan 1 .205 < t tabel 2.009. Dan hasil mi menunjukkan bahwa
hipotesa altennatif ditolak. Kesimpulan dan hash penelitian mi adalah tidak ada perbedaan keterampilan bantu din pada anak usia 2.5-3 tahun yang mengikuti kelompok benmain dengan yang tidak mengikuti kelompok bermain.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1249984 second(s)