Anda belum login :: 13 Jul 2014 23:56 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Gambar Seri Dalam Membantu Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Narasi Fiksi Siswa Kelas V SD TARAKANITA IV Jakarta
Bibliografi
Author: WARSITO (UAJ) ; Widjaja, Anny E.L. (Advisor)
Topik: Kemampuan menulis; cerita narasi; gambar seri.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Theses
Fulltext: Warsito's Undergraduate Theses.pdf (464.53KB; 25 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-019
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Untuk mencapai kompetensi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan empat aspek kemampuan yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pembelajarannya, keempat aspek tersebut harus diberikan secara seimbang. Tetapi dalam penelitian ini lebih difokuskan mengenai aspek menulis. Menulis merupakan pengungkapan gagasan secara tertulis untuk dibaca orang lain sehingga gagasan yang disampaikan dapat diterima oleh orang lain. Menulis dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu menulis permulaan dan menulis lanjut.
Cerita narasi merupakan serangkaian peristiwa menurut pola waktu. Narasi membeberkan peristiwa-peristiwa dalam urutan waktu tertentu. Cerita narasi dikelompokkan menjadi dua yaitu narasi nonfiksi dan narasi fiksi.
Gambar seri merupakan serangkaian gambar yang terpisah antara satu dengan yang lain tetapi memiliki satu kesatuan urutan cerita. Gambar seri akan sulit dipahami ketika berdiri sendiri-sendiri dan belum diurutkan. Gambar seri akan memiliki makna setelah diurutkan berdasarkan pola tertentu atau sesuai dengan urutan sebuah cerita.
Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini digunakan gambar seri sebagai media dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita narasi fiksi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Subyek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas VB Sekolah Dasar Tarakanita 4 Jakarta, 1 guru sebagai peneliti, dan 1 observer. Penggunaan media gambar seri dalam penelitian tindakan kelas ini menitikberatkan pada peningkatan kemampuan menulis cerita narasi fiksi yaitu dengan cara mengurutkan gambar seri kemudian menentukan pikiran pokok pada setiap gambar seri. Kegiatan selanjutnya siswa menulis cerita narasi dengan mengembangkan pikiran pokok sesuai urutan gambar seri.
Hasil penelitian tindakan kelas setelah tiga kali putaran diadakan kegiatan belajar mengajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah berupa peningkatan kemampuan menulis cerita narasi fiksi bagi siswa. Dari prosentase rata-rata hasil pelaksanaan tindakan dapat diketahui hasilnya pada siklus I adalah 74%, siklus II 77%, dan siklus III 82%.
Saran atau masukan bagi para guru untuk menggunakan media gambar seri dalam kegiatan belajar mengajar menulis cerita narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penggunaan media gambar seri sangat membantu siswa dalam mengingat kembali jalan cerita atau menumbuhkan gagasan apabila siswa menemui kebuntuan. Mengingat pentingnya menggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita narasi fiksi, maka perlu mendapat perhatian dari guru untuk terus dikembangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1249984 second(s)