Anda belum login :: 25 Apr 2024 08:37 WIB
Detail
BukuANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM KERJA DENGAN PENGAPLIKASIAN PENDEKATAN SIMULASI SISTEM (Studi Kasus Lini Produksi PT. Kyoda Mas Mulia, Tangerang)
Bibliografi
Author: Purnama, Hendy ; Triyanti, Vivi (Advisor)
Topik: Simulasi Sistem
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2006    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Hendy Purnama's Undergraduated theses.pdf (307.19KB; 137 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-192
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
PT. Kyoda Mas Mulia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri besi komponen motor, gear dan elektrik. Keterlambatan pemenuhan demand yang terjadi pada beberapa produk, meyakinkan pihak perusahaan untuk melakukan analisis terhadap sistem kerja yang selama ini digunakan sehingga keterlambatan pemenuhan demand dapat diperkecil bahkan dihilangkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem kerja yang ada, mengidentifikasi faktor permasalahan yang terjadi dalam sistem, mengembangkan alternatif usulan solusi terhadap masalah yang dihadapi, mensimulasikan sistem awal dan sistem usulan serta memberikan rekomendasi alternatif perbaikan terhadap sistem kerja.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan lima produk sebagai objek penelitian dimana produk-produk tersebut memiliki tingkat demand yang relatif tinggi sehingga dapat mewakili sistem yang ada. Simulasi sistem dengan software Arena 5.0 digunakan sebagai alat untuk menganalisis sistem yang ada serta mengidentifikasi letak permasalahan terjadi. Pengembangan alternatif solusi dilakukan dengan penerapan metode ekonomi gerakan serta penggunaan alternatif-alternatif yang mungkin dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.
Hasil analisis menunjukkan terjadinya masalah pada proses spot welding sehingga diperlukan tindakan perbaikan pada proses tersebut. Alternatif solusi yang diberikan antara lain adalah penerapan ekonomi gerakan, penambahan pemakaian mesin serta penambahan shift kerja. Untuk hasil yang berdampak signifikan untuk mengatasi masalah dimiliki oleh alternatif penambahan shift kerja diikuti oleh alternatif penambahan pemakaian mesin dan terakhir oleh alternatif penerapan ekonomi gerakan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.296875 second(s)