Anda belum login :: 05 Oct 2022 09:15 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Manfaat-Biaya Pembelajaran Berbasis Web Sebagai Pelengkap Pembelajaran Tatap Muka: Studi Kasus Program Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia  
Oleh: Cherid, Anis ; Ranti, Benny
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Sistem Informasi MTI-UI vol. 2 no. 2 (Okt. 2006), page 15-26.
Topik: Pembelajaran Jarak Jauh; Pembelajaran Berbasis Web; E-Learning; Analisis Manfaat-Biaya; Program Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia.
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ7
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelDampak perkembangan teknologi informasi yang pesat antara lain adalah munculnya Web sebagai salah satu alat dukung proses pembelajaran dalam dunia pendidikan tinggi dan kebutuhan yang tinggi terhadap tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi. Penerapan Web sebagai alat dukung proses pembelajaran membutuhkan investasi- sejumlah biaya. Penelitian mi mengkaji manfaat dan biaya pengembangan model pembelajaran tatap muka yang dilengkapi dengan pembelajaran jarak jauh berbasis Web pada Program MTI, Universitas Indonesia, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat menunjang keberhasilan penerapan model pembelajaran tersebut. Di samping itu dikaji juga analisis terhadap model organisasi, sistem penyam-paian pembelajaran, kebutuhan infrastruktur teknologi informasi dan analisis finansial dengan menggunakan metode Information Economics. Berdasarkan hasil penelitian mi, ROl yang diperoleh dan penerapan model pembelajaran campuran di atas adalah sebesar 12,95% dalam skenario terbaik, sedangkan dalam skenario terburuk adalah sebesar 1,01%. ROl positif yang diperoleh dan kedua skenario itu tidak serta merta menjamin kelayakan finansial penerapan model pembelajaran yang dikembangkan, khususnyajika dalam model pembelajaran campuran yang dikembangkan, porsi komponen pembe-lajaran berbasis Web dilipatgandakan dan 25% menjadi 50% dibanding komponen membaca sendiri buku teks kuliah. Dalam kasus seperti in kelayakan finansial penerapan program pem-be-lajaran campuran akan sangat ditentukan oleh kemampuan untuk mengendalikan biaya dan waktu produksi materi pembelajaran berbasis Web.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)