Anda belum login :: 02 Oct 2022 11:01 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Faktor yang Mendorong Minat Mahasiswa untuk Berkunjung ke Perpustakaan Politeknik Kesehatan Palangka Raya  
Oleh: Berthiana ; Samuel, Santhy K. ; Wahyuningsih, Lis
Jenis: Article from Bulletin/Magazine
Dalam koleksi: Info Persadha: Media Informasi Perpustakaan Universitas Sanata Dharma vol. 5 no. 2 (Aug. 2006), page 74-81.
Topik: KESADARAN; Minat Berkunjung; Perpustakaan
Fulltext: Analisis Faktor yang mendorong Minat mahasiswa.pdf (661.7KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: II65, II65.2
    • Non-tandon: 2 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelUnit Perpustakaan merupakan salah satu unit penunjang dalam pelaksanaan Th Dharma Perguruan Tinggi di Politeknik Kesehatan Palangka Raya yang bertugas memilih, menghimpun, mengolah, merawat dan melayankan informasi bagi civitas akademika di lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) faktor-faktor yang berkait dengan koleksi bahan pustaka; (2) faktor-faktor yang berkait dengan kinerja pelayanan dan hubungan dengan kunjungan mahasiswa ke perpustakaan; (3) hubungan antarafrekuensi kunjungan mahasiswa ke perpustakaan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang diperoleh mahasiswa. Penelitian bersifat deskriptif analitis, jumlah sampel diperlukan sebanyak 82 orang mahasiswa yang tercatat sebagai anggota perpustakaan ditentukan secara proporsional mewakili Jurusan Keperawatan sebanyak 43 orang, Jurusan kebidanan sebanyak 23 orang dan Pogram Studi Gizi sebanyak 16 orang mahasiswa dan dipilih secara acak. Analisis data dilakukan untukmengetahui nilai koefisien korelasi (r) dengan metode korelasi Pearson dengan alat bantu perangkat lunak (software) Microsoft Excel. Faktor-faktor yang berhubungan antara frekuensi kunjungan mahasiswa ke perpustakaan dengan koleksi bahan pustaka adalah kelengkapan koleksi dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,2674, kesesuaian koleksi dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.2471 dan kemutakhiran koleksi dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,2400. Faktor-faktor yang berhubungan antara frekuensi kunjungan mahasiswa keperpustakaan dengan kinerjapelayanan adalah kualitas pelayanan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,5549. dan kenyamanan ruang baca dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,4432. Ada korelasi positif yang cukup tinggi antara frekuensi kunjungan mahasiswa ke perpustakaan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mahasiswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,6968.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)