Anda belum login :: 03 Oct 2022 19:17 WIB
Detail
ArtikelANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM KECERDASAN BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE) PADA PALANG MERAH INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA  
Oleh: Pratasik, Stralen ; Santoso, Albertus Joko ; Wisnubhadra, Irya
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) ke-IV: Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penguatan Daya Saing Industri di Jakarta, 4-5 Juni 2014 - Buku II, page 098: 1-7.
Topik: Business Intelligence; Data Warehouse; rencana strategis
Fulltext: 098 1-7.pdf (472.23KB)
Isi artikelPalang Merah Indonesia merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam kegiatan sosial diantaranya penganggulangan bencana, dan kegiatan kesehatan di seluruh Indonesia. PMI DIY merupakan salah satu bagian dari PMI yang menghadapi berbagai masalah dalam pelaksanaan kegiatan donor darah. Masalah-masalah yang di hadapi diantaranya adalah masalah dalam menganalisa laporan kegiatan, masalah dalam perencanaan strategis dalam periode tertentu, maupun masalah dalam memperkirakan hasil donor darah untuk periode tertentu. Dengan adanya masalah-masalah tersebut maka penulis merancang sebuah sistem Business Intelligence. Sistem BI yang dirancang berisi mengenai transformasi database operasional PMI DIY kesebuah Datawarehose yang kemudian dalam paper ini dibahas khusus untuk pemecahan masalah dalam menganalisa laporan kegiatan berdasarkan pemetaan area kerja per Kabupaten/Kota maupun per Kecamatan di seluruh DIY. Hasil dari perancangan yang dibuat adalah sebuah sebuah sistem yang berisi tampilan peta propinsi DIY yang memuat informasi mengenai presentasi donor darah di seluruh propinsi DIY. Tujuan perancangan sistem BI agar dapat membantu PMI DIY dalam menganalisa dan merencanakan suatu rencana strategis yang mampu meningkatkan produktifitas PMI DIY dalam kegiatan donor darah diseluruh provinsi DIY. Business Intelligence sendiri merupakan serangkaian kegiatan untuk mengumpulkan kemudian menganalisis data organisasi sehingga dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dengan sebaik mungkin.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.0156259 second(s)